TUPOKSI

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Bale Bandung menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana akademik di bidang Penjaminan Mutu berdasarkan kebijakan teknis pada Universitas.

 

KETUA BPM

Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Bale Bandung bertanggungjawab kepada Rektor, mempunyai tanggung jawab dan tugas pokok dalam:

    1. Merencanakan dan melaksanakan sistem penjamin mutu pada unit kerja di lingkungan Universitas
    2. Mengembangkan perangkat dan panduan penjaminan mutu program akademik dan non akademik
    3. Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
    4. Melakukan asesmen dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.
    5. Memandu, memfasilitasi, dan mengkoordinisasikan terlaksananya akreditasi program studi dan akreditasi institusi.
    6. Melakukan asesmen mutu program, kegiatan, dan layanan manajemen pada unit kerja.
    7. Menyajikan informasi yang terkait asesmen penjaminan mutu, akreditasi, sertifikasi dosen, dan hal lainnya yang berhubungan dengan penjaminan mutu.
    8. Melaksanakan kajian-kajian terhadap hasil pelaksanaan penjaminan mutu.
    9. Melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik kepada Rektor.

 

SEKRETARIS BPM

Sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Bale Bandung mempunyai tanggungjawab dan tugas pokok membantu Ketua dalam penyelenggaraan fungsi Badan Penjaminan Mutu, dengan rincian tugas meliputi:

    1. Membuat perangkat dan panduan penjaminan mutu yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu program akademik dan non akademik.
    2. Melakukan administrasi pada Badan Penjaminan Mutu yang meliputi administrasi pendanaan, persuratan, dan penginventarisasian pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu, koordinasi dengan unit kerja yang terkait.
    3. Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan sistem penjaminan mutu, dan bertindak sebagai pelaksana harian Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM), bilamana ketua berhalangan tidak tetap.
    4. Menyiapkan bahan, menyusun, dan membuat laporan pada setiap kegiatan sistem penjaminan mutu kepada Rektor atas koordinasi Ketua
    5. Menghimpun, mengolah, menyusun, dan menginventarisasi dokumen yang berkaitan dengan kegiatan sistem penjaminan mutu, untuk keperluan pembuatan laporan tahunan Universitas.
    6. Mengarsipkan, memelihara, dan menata penyimpanan semua dokumen/data serta sarana dan prasarana yang ada pada Badan Penjaminan Mutu (BPM).

 

Unit Penjaminan Mutu

  • Unit Penjaminan Mutu menyelenggarakan fungsi sebagai motor penggerak dan koordinator dalam melakukan peran sebagai pengendali mutu dan pengembang sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik di tingkat Fakultas yang terintegrasi dengan sistem penjaminan mutu Universitas secara menyeluruh.
  • Tugas pokok dari Unit Penjaminan Mutu adalah melakukan penjaminan mutu akademik pada setiap aspek yang terkait dengan pelaksanaan standar mutu akademik dan manajemen Fakultas yang sejalan dengan standar mutu Universitas, dengan rincian tugas meliputi:
  1. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan jaminan mutu bidang akademik (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) serta menyusun bahan dan masukan terhadap monitoring dan evaluasi di tingkat Fakultas.
  2. Melakukan pendampingan penyusunan kurikulum, pendampingan penyusunan dokumen evaluasi diri atau borang akreditasi, dan sosialisasi kebijakan universitas untuk kegiatan rutin pelaksanaan evaluasi-evaluasi internal.
  3. Memberikan analisa secara berkala setiap semester terhadap EVISEM (Evaluasi Internal Semester) setiap prodi di Fakultas untuk kemudian dievaluasi oleh Dekan.
  4. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap sistem pengendalian internal yang berlaku di
  5. Penyampaian laporan hasil monitoring dan evaluasi beserta rekomendasinya secara tertulis kepada Dekan;
  6. Melakukan pendampingan kegiatan prodi dalam pembaharuan akreditasi prodi-prodi di Fakultas yang telah habis masa akreditasinya.

 

Gugus Penjaminan Mutu

  • Gugus Penjaminan Mutu menyelenggarakan fungsi sebagai pengendali mutu dan pengembang sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik di tingkat Program Studi yang terintegrasi dengan sistem penjaminan mutu Fakultas dan Universitas secara menyeluruh.
  • Tugas pokok dari Gugus Penjaminan Mutu adalah melakukan penjaminan mutu akademik pada setiap aspek yang terkait dengan peningkatan mutu akademik dalam rangka pencapaian target kinerja akademik Program Studi, dengan rincian tugasnya meliputi:
  1. Mengkoordinasikan penyusunan baku mutu akademik tingkat Program Studi, termasuk penyusunan dokumen, Spesifikasi Program Studi (SP), Kompetensi Lulusan (KL), Manual Prosedur (MP), Instruksi Kerja (IK) yang sesuai dengan Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur di tingkat Program Studi.
  2. Memantau, mengevaluasi, dan melakukan analisis terhadap tindak lanjut pelaksanaan asessmen dan evaluasi jaminan mutu akademik Program Studi.
  3. Menyusun dokumen pedoman pelaksanaan ujian/sidang skripsi, bertujuan agar pelaksanaan ujian/sidang skripsi memiliki standar yang terukur dan transparan.
  4. Membantu menciptakan sistem pengendalian internal yang efektif di Program Studi.
  5. Membantu Ketua Program Studi dalam melakukan pemantauan dan pengawasan kegiatan akademik dan non akademik internal Program Studi.
  6. Memberikan rekomendasi penyusunan perbaikan kegiatan akademik di Program Studi untuk mencapai sasaran
English English Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia